CARA MENGETAHUI KETUKAN DALAM MUSIK

Birama atau Time signature adalah dua angka yang diletakan bersusun atas dan bawah. Angka atas menunjukan jumlah ketukan dalam tiap bar, sedangkan angka di bawah adalah nilai not yang di hargai.

Sebagai seorang musisi, tidak lepas dari yang nama nya birama. Ini sebagai modal dasar dalam membentuk dinamika dari apa yang kita mainkan.

Birama  adalah pendidikan musik dasar, birama menjadi satu kesatuan dengan tempo tetapi memiliki pengertian yang berbeda. Tempo berbicara kecepatan sedangkan birama berbicara nilai.

Banyak nya birama membuat lebih variatif sebuah musik, kalau kita mendengarkan musik gener jazz disitu akan banyak birama di hadirkan, atau musik rock progresif juga variatif akan birama.

Kali ini saya akan membahas 4 jenis biaramayang sering digunakan

dalam notasi birama da beberapa jenis yang dasar harus kita ketahui

1. not 1/4
2. not 1/8
3. not 1/16
4. not 1/32

berikut penjelasan menggunakan gambar



gambar 1

Kita bisa lihat pada kolom "Quantize" itu adalah tanda not, sedangkan di sebelahnya adalah nilai dari tanda not itu.

jadi, jika tanda nya 1/4 nilai nya ada lah 1 ketuk. Kalau kita pakai metronome, seting di 1/4 tempo 60, kemudian jika di play metronome nya akan keluar suara "klik", pada saat bunyi klik itu kita petin not kita. itu adalah nilai 1/4

kemudian, jika 1/8 nilainya adalah 1/2 ketuk, jadi untuk 1 ketuk kita harus 2 kali memetik not gitar kita. Kapan memetik nya ? 1 kali sebelum bunyi "klik" pada metronome 1 kali bersamaan dengan bunyi "klik" pada metronomr

jika nilainya 1/16 maka nilainya 1/4 ketuk , artinya untuk mejadi utuh 1 ketuk kita harus memetik not pada gitar kita 4 kali, 3 kali sebelum bunyi "klik" , 1 kali pada saat bunyi "klik" pada metronome.

jika nilainya 1/16 maka nilainya adalah 1/8 ketuk, artinya artinya untuk mejadi utuh 1 ketuk kita harus memetik not pada gitar kita 7 kali sebelum bunyi "klik", 1 kali pada saat bunyi "klik"

analoginya seperti ini, jika kita punya 1 buah semangka. Ingin dibuat 1/4 bearti semangka itu tidak usah di belah, karena nilai semangka utuh adalah 1/4 , jika nilai semangka ingin dibuat 1/8 harus di belah 2, jika ingin dibuat nilai 1/16 semangka di belah 4, jika ingin dibuat nilai 1/32 semangka dibelah 8.

semangka adalah not penuh nilah nya 1 buah. belahan semangka adalah nilai ketukan.


Kita perhatikan lagi gambar di bawah ini:


gambar 2

Pada gambar di atas ada 2 keterangan

1. Measure / hitungan / nilai ketukan apa yang akan di masukan. Bisa 1/4, 1/8, 1/16 atau 1/16
2. Barline adalah batasan bar.


Jika merasa ingin lebih banyak belajar dapat menghubungi di 085246810094 WA



0 Response to "CARA MENGETAHUI KETUKAN DALAM MUSIK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel